Laporan Lengkap Praktek Baterai TKR Otomotif - Kali ini bloggersakti.com akan membahas materi tentang laporan praktek baterai. Mungkin kalian menganggap materi baterai sedikit dan simpel, namun ternyata jika di cari-cari seluk beluk baterai materinya sangat banyak dan harus dipelajari. Berikut Laporan Lengkap Praktek Baterai dibawah ini ya kawan.
Tujuan
- Untuk mengetahui kondisi baterai
- Untuk mengetahui komponen-komponen baterai beserta fungsinya
- Untuk mengetahui gangguan-gangguan atau kerusakan yang terjadi pada baterai
Alat dan Bahan
- Baterai
- Hydrometer
- Kabel
Urutan Pembongkaran
- Bukalah tutup baterai
Urutan Pemasangan
- Pasang dan kencangkan tutup pada baterai
Gangguan
- Apabila di isi air suling terlalu banyak atau diatas upper level maka akan terjadi penguapan yang berlebihan yang menyebabkan akan menyebabkan banyak jamur yang akan merusak baterai
- Apabila kekurangan air suling atau terlalu banyak air asamnya maka segera normalkan dengan mengisi air suling tepat pada batas upper level. Jika tidak dilakukan maka aki akan terlalu asam yang menyebabkan sel-sel dalam aki mudah rusak
Masalah
- Air pada baterai keruh serta ke -6 selnya menunjukan warna merah waktu di tes. Jadi baterai harus di charge.
Fungsi baterai
- Saat mesin mati : sebagai sumber energi untuk start (menyalakan motor starter), untuk menghidupkan aksesoris mobil.
- Saat mesin hidup : Sebagai stabiliser listrik agar tegangan listrik tidak naik turun dan komponen mobil dapat bekerja secara maksimal dan sebagai penampung aliran listrik dari alternator.
Langkah-langkah melakukan penngukuran elektrolit :
- Lepas terminal (-) untuk menghindari konslet
- Lepas tutup baterai
- Dengan menggunakan hydrometer, ukur berat jenis air elektrolit dalam baterai
- Baca hasil pengukuran hydrometer
Komponen Baterai
Konstruksi Baterai
Didalam baterai mobil terdapat cairan elektrolit asam sulfat yang merendam plat-plat elektroda positif dan negatif yang dibuat dari timah. Didalam baterai plat-plat tersebut dibagi menjadi beberapa sel (biasanya terdapat 6 sel).Elemen Baterai
Antara plat positif dan negatif masing-masing dihubungkan oleh pengikat plat yang terpisah. Plat positif dan negatif terikat secara beselang-seling (plat positif-plat negatif-plat positif dan seterusnya) dan plat dibatasi oleh oleh separator dan fiberglass. Fungsi dari susunan seperti ini adalah memperbesar luas permukan yang bersinggungan antara elektrolit dan plat negatif maupun positif dan kapasitas baterai menjadi lebih besar.Besar tegangan listrik yang dihasilkan satu sel adalah 2.1 V dan sama walaupun beda ukuran pada baterai mobil segala ukuran karena baterai mobil memiliki 6 sel yang dihubungkan secara seri, jadi tegangan outputnya kira-kira adalah 12 volt. Jadi dapat digambarkan seperti pada beberapa gambar di bawah ini.
Tiap Sel Dirangkai Secara Seri |
Gambaran Seandainya Dalam Baterai Hanya Terdapat Satu Sel |
Elektrolit
Elektrolit adalah campuran asam sulfat dengan air suling. Berat jenis air elektrolit yang terisi penuh adalah 1,260 atau 1,280 pada temperatur suhu ruangan yaitu kira-kira 28 derajat celcius. Perbedaan ini disebabkan karena perbandingan campuran antara air suling dengan asam sulfat dapat berbeda pada masing-masing tipe baterai. Elektrolit yang berat jenisnya 1.260 artinya mengandung 65% air dan 35% asam sulfat sedangkan cairan elektrolit yang berat jenisnya 1,280 berarti mengandung 63% air sulingan dan 37% asam sulfat.Arti Warna Pada Hydrometer |
Berat jenis
Perbandingan antara kerapatan suatu zat dengan berat jenis ialah 1,0 karena itu zat yang berat jenisnya kurang dari satu adalah kerapatanya kurang dari kerapatan air atau berat jenis diukur dan dibandingkan berdasarkan dengan kerapatan air yaitu 1 atau 1,0.Jadi berat jenis suatu zat yang kurang dari 1 berarti berarti kerapatanya lebih kecil dari air (berat jenisnya lebih kecil dari air)
Kotak baterai
Wadah yang menampung cairan elektrolit dan berbagai komponen seperti plat positif dan negatif disebut kotak baterai atau battery case. Battery case juga terdapat sekat yaitu fiberglass dan separator dan juga di kotak baterai terdapat tanda lower level dan upper level. Posisi plat tidak menempel di dasar atau lantai kotak baterai, maksudnya bila ada komponen atau benda lain terjatuh agar supaya tidak terjadi hubungan singkat atau bahkan konslet.Sumbat ventilasi
Sumbat ventilasi adalah lubang yang terdapat pada tutup baterai yang disebut dengan vent hole yang berfungsi untuk membuang gas uap yang dihasilkan dari dalam baterai. Saat mobil berjalan maka baterai hanya sebagai stabiliser jika daya tidak stabil, namun baterai juga berfungsi untuk menampung arus listrik yang berlebih, maka terjadilah proses pengisian dalam baterai yang menyebabkan terbentuknya gas hidrogen dan asam sulfat dalam baterai dan jika tidak dibuang maka bisa saja baterai mengalami kerusakan bahkan meledak, maka fungsi vent hole adalah untuk membuang gas hidrogen tersebut dan menahan uap asam sulfat agar mengembun dan jatuh kembali ke bawah.Pemeriksaan Permukaan Elektrolit
Permukaan elektrolit harus diperiksa secara berkala semisal 2 bulan sekali atau mungkin lebih cepat agar supaya tidak terjadi air aki atau air elektrolit yang sudah terlalu habis dibawah ambang batas lower level agar tidak terjadi kerusakan pada sel-sel baterai.Memeriksa berat jenis elektrolit
Memeriksa berat jenis elektrolit harus menggunakan alat yang bernama hydrometer. Penggunaan alat ini sangat mudah yaitu hanya dengan membuka semua tutup aki kemudian celupkan hydrometer dan pompakan agar air aki dapat masuk kedalam alat hydrometer dan kemudian lihat berapa hasilnya (permukaan air berada pada angka berapa) dan usahakan agar pelampung tidak menyentuh dinding agar hasil pengukuran dapat akurat.Jangan menambah air suling kedalam kotak baterai sebelum pengukuran, kecuali jika air elektrolit didalam baterai sangat sedikit dan tidak cukup atau tidak dapat masuk kedalam hydrometer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar